Jumat, 02 Oktober 2015

on Leave a Comment

Cara Mengatasi Windows 8, 8.1 dan Windows10 Yang tidak Bisa ShutDown

Memang benar kata pepatah, "Tidak ada yang sempurna". Begitu  pun dengan windows 8, 8.1 dan Win 10. Untuk sobat yang saat ini sedang ngalamin Windows 8/8.1 atau Windows 10 nya ngeleg tidak bisa shutdown, shutdown malah restart, shutdown malah logoff atau shutdown malah sleep atau hybernete. Saya pun pernah ngalaminnya.
Problem saya adalah Windows 10, tidak bisa shutdown setelah saya buat dual boot dengan Kali Linux 2.0. saat di matikan malah sleep. Saya pun sempat bingung, setelah googling akhirnya dapat juga permecahan masalahnya. Salah satu fitur mutakhir di Windows 8/8.1 dan Windows 10 adalah kecepatannya saat StartUp( proses menghidupkan dan mematikan). Karena hal ini lah Windows versi terbaru ini terkadang ngeleg karena fitur FastStarUp-nya tidak bisa bekerja secara maksimal disebabkan oleh beberapa hal, seperti setelah mengisntall software-software emulator, virtualbox, perubahan pengaturan BIOS, Upgrade BIOS, maupun setelah buat dual boot seperti saya maupun oleh hal lain. Untuk mengatasi masalahnya sebenarnya sangat gampang, sobat hanya perlu mematikan fitur FastStartUp tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah mematikan FastStartUp :

1. Buka Setting > System > Power and Sleep > Additional Power Setting. Atau bisa juga dengan klik di ikon battery jika sobat menggunakan noteboot/laptop lalu klik Power and Sleep Setting. Sobat juga bisa membukanya langsung melalui control panel > system and security > Power Options. Bagaimana pun cara bukannya tujuannya tetap sama kok :).

2. Klik Choose what the power botton does
3. Klik Change Setting that are currently unavailable

3. Hilangkan Centang Turn on fast startup seperti punya saya. Lalu klik save changes. Test matikan PC sobat, lihat apakah sudah bisa shutdown.


Selamat Mencoba :)

0 komentar:

Posting Komentar