Jumat, 05 Juni 2015

on 2 comments

Cara Membasmi Virus Shortcut

Beberapa bulan yang lalu ane ngalamin masalah ini, dimana didalam folder terdapat nama folder yang sama tetapi dalam bentuk shorcut atau shorcut folder. Ane kira itu virus sama dengan copy of shortcut, kemudian ane coba scan laptop ane pake avast, tetapi tak mampan. Kemudian
tanya2 ke forum ada yang nyaranin esetnod32, tapi masih gak mampan juga. Terakhir ane coba scan pake smadav. Smadav juga sama cerita sama avast atau esetnod32. Dia kenal itu virus tapi kagak kenal sama biangnya. Dan langkah terakhir ane adalah mencari tahu siapa biang itu virus, ane coba task manager aplikasi mana yang mencurigakan. Yang vendornya tidak jelas, Lalu ane dapatilah sebuah aplikasi di task manager yang bernama autoit3.exe . ane cari di google apa itu autoit3.exe, rupanya tak ada jawaban tentang autoit3.exe yang banyak membahas adalah autoit.exe, bukan sebuah virus. Kemudian ane cek2 lagi ke google, kalau ada autoit3 pasti ada autoit2 kan begitu ?. Setelah sejam googling2 akhirnya ane dapat jawaban, autoit2.exe adalah sebuah software yang cara kerja mengganggu mengguna, kemudian dikategorikan sebagai virus. Nah, dari hal tersebut ane putuskan bahwa autoit3.exe adalah sebuah virus. Lalu ane buka smadav ane add as a virus itu autoit3.exe. Caranya adalah :
1. Buka smadav > Tool > One-Virus-By-User
2. Cari aplikasi yang bernama autoit3.exe, klik kanan lalu add as a virus.
3. Full scan Komputer, flashdisk, atau disk2 lain yang terinfeksi pake smadav.
4. Restart Komputer.

Oiya, Sekarang windows defender juga udah kenal sama itu virus, langsung biangnya dia tau. tapi harus di update dulu windows defendernya. Jika sudah di update scan semua komputer pake windows defender, sebaiknya kalo lagi gak di pake aja deh itu komputer kalo mau di scan, soalnya butuh waktu sampai 2-3 jam proses scan pake windows defender. Tergantung ukuran hardisk juga sebenarnya, kalo hardisknya kecil ya mungkin cuma 1 jam-an.

Oke Sobat, Sekian sajalah ulasan saya mengenai cara menangani virus shortcut.

Semoga berhasil...

2 komentar:

  1. Apakah virusnya akan hilang 100% gan?

    bagi yang ingin menambah ilmu dibidang komputer bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/

    BalasHapus