Jumat, 15 Mei 2015

on 1 comment

Mengenal Komponen-komponen Laptop dan Fungsinya




1. Lcd/Led
LCD adalah singkatan dari "Liquid Crystal Display." LCD adalah layar tipis pada komputer laptop dan monitor panel layar datar. LCD yang lebih kecil lagi,digunakan dalam TV genggam, PDA, dan perangkat video game portabel . Gambar pada layar LCD yang

hasilkan oleh sandwiching an electrically,yaitu zat reaktif listrik antara dua elektroda. warna pada zat ini dapat diubah dengan meningkatkan atau mengurangi arus listrik.layar LCD didasarkan pada prinsip bokir cahaya  (rather than emitting it),Menggunakan power yang lebih rendah dari CRT standar (Cathode-Ray Tube) monitor.
Layar LCD memanfaatkan dua lembar material polaris dengan larutan kristal cair di di dalamnya. Arus listrik yang melewati cairan menyebabkan kristal  menyelaraskan sehingga cahaya tidak dapat melewati cairan
.
LED (Light emitting diodes)
LED adalah komponen elektronik yang membiarkan melewati listrik satu arah. yang memancarkan cahaya ketika listrik diterapkan, seperti bola lampu.LED banyak sisi-by-side, mereka dapat membuat gambar,namun Led menggunakan power lebih besar daripadalcd.
perbedaan LED dengan Lcd yaitu tidak lagi membutuhkan inferter.

-Inverter (forLcd only)
Inverter adalah perangkat elektronik yang mengubah DC (arus searah).menaikkan daya yang lebih besar untuk memberikan power yang cukup bagi LCD backligt.jika inverter rusak,LCD backlight tidak akan menyala dan Lcd akan terlihat gelap.

-Lcd/Led cable
Kabel LCD juga dikenal sebagai kabel video, kabel display atau kabel layar. Kabel ini berfungsi mentransfer sinyal data dari motherboard dan kartu video ke layar LCD.
Berikut susunan standar Lcd kabel:
Pin 1     RED (Red video)   
Pin 2     GREEN(Green video)  
Pin 3     BLUE (Blue video)   
Pin 4     ID2/RES (formerly Monitor ID bit 2, reserved since E-DDC)   
Pin 5     GND (Ground (HSync)   
Pin 6     RED_RTN(Red return)  
Pin 7     GREEN_RTN(Green return)   
Pin 8     BLUE_RTN(Blue return)   
Pin 9     KEY/PWR(formerly key, now +5V DC)   
Pin 10     GND (Ground (VSync, DDC)   
Pin 11     ID0/RES(former( Monitor ID bit 0, reserved since E-DDC)   
Pin 12     ID1/SDA (formerly Monitor ID bit 1, I²C data since DDC2)   
Pin 13     HSync (Horizontal sync)   
Pin 14     VSync (Vertical sync)   
Pin 15     ID3/SCL(formerly Monitor ID bit 3, I²C clock since DDC2)


-internal camera

-microphone (optionable)

-wifi cable antena
Adalah penangkap/penguat gelombang radio untuk menyediakan nirkabel kecepatan tinggi dan koneksi jaringan internet.

2. Keyboard
Seperti namanya, keyboard pada dasarnya adalah sebuah papan kunci. Seiring dengan mouse, keyboard adalah salah satu perangkat input utama yang digunakan dengan komputer. Desain keyboard berasal dari mesin tik keyboard asli, yang mengatur huruf dan angka dengan cara menyusun jenis-bar sehingga menghindarkan macet saat mengetik dengan cepat. Tata letak keyboard yang dikenal sebagai desain QWERTY, yang mendapatkan namanya dari enam huruf pertama di dalam sudut kiri keyboard.

Sementara desain keyboard komputer mungkin berasal dari mesin tik, keyboard saat ini memiliki kunci lain juga.disebut dengan Modifier kunci, seperti Control, Alt / Option Command, dan (Mac) atau tombol Windows (Windows) dapat digunakan bersama dengan tombol lain sebagai "jalan pintas" untuk melakukan operasi tertentu. Sebagai contoh, menekan Command-S (Mac), atau Control-S (Windows) biasanya menyimpan dokumen atau proyek yang Anda kerjakan. Kebanyakan keyboard komputer saat ini juga memiliki deretan tombol fungsi (F1 F16) sepanjang bagian atas keyboard, tombol panah juga diatur, dengan keypad numerik di sisi kanan. Beberapa keyboard memiliki tombol bahkan lebih, memungkinkan dan memudahkan untuk mengubah volume sistem, keluark
an CD, atau program yang terbuka seperti e-mail atau browser Web.

3. Power Swicth
Power swicth adalah saklar penghidup (on-off) pada Laptop yang memerintahkan bios chip untuk menghidupkan Laptop atau memulai prosedure shootdown.untuk Laptop motherboard tertentu,power switch sudah terintegrasi di dalam boardnya.

4. Led Indicator
Led indikator adalah Lampu monitoring,berfungsinya power,hardisk,dan device lainnya.
untuk Laptop motherboard tertentu,lampu indikator sudah terintegrasi di dalam boardnya.

5. Optical device (Dvd,cdromm)
Adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca media DVD,CD mentransfer data ke harddisk,mengkopy baik dari media ataupun sebaliknya atau hanya untuk memutar cd lagu atau film.
Biasanya netbook tidak difasilitasi dengan device ini
.

6. Harddisk
Hard disk adalah bagian dari Laptop, sering disebut "disk drive," "hard drive," atau "hard disk drive," yang menyimpan dan menyediakan akses yang relatif cepat ke sejumlah besar data pada permukaan elektromagnetik . Komputer saat ini biasanya datang dengan hard disk yang berisi beberapa miliar byte (gigabyte) penyimpanan.

Sebuah unit disk / hard drive  dengan kecepatan rotasi yang ditetapkan bervariasi 4500-7200 rpm. Disk waktu akses diukur dalam milidetik. Meskipun lokasi fisik dapat diidentifikasi dengan silinder, track, dan lokasi sektor, ini sebenarnya dipetakan ke alamat blok logis (LBA) yang bekerja dengan rentang alamat yang lebih besar pada hard disk saat ini
.

7. Memori sodim/RAM
Random access memory atau RAM paling sering mengacu pada chip komputer yang menyimpan data sementara  dinamis untuk meningkatkan kinerja komputer. Dengan menyimpan file yang sering digunakan atau aktif di memori akses , komputer dapat mengakses data lebih cepat darinya daripada untuk mengambilnya dari drive jauh lebih besar . Random access memory  juga digunakan dalam printer dan perangkat lainnya.

Random access memory adalah memori volatile, yang berarti kehilangan isinya begitu power computer dimatikan.berbeda dari non-volatile memori seperti hard disk dan flash memory, yang tidak memerlukan sumber daya untuk menyimpan data. Ketika komputer dimatikan dengan benar, semua data yang terletak di memori  berkomitmen untuk penyimpanan permanen pada hard drive atau flash drive. Pada  boot-up berikutnya, RAM mulai mengisi dengan program secara otomatis dimuat pada saat startup, dan mengingat file yang dibuka oleh pengguna.

Ada beberapa tipe chip memori (RAM) yang isebut dengan memori sticks" yaitu sebuah papan sirkuit kecil berbentuk seperti tongkat  permen.semakin besar kapasitas memori semakin besar pula daya ingat memori tersebut dalam mengakses data
.

8. Wifi card
Nama sebuah teknologi jaringan nirkabel  yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan nirkabel kecepatan tinggi dan koneksi jaringan internet.

9. Modem card

 Modem adalah media penghubung ke internet, Sama seperti wifi atau Internet Kabel. Bedanya modem langsung di tancapkan ke laptop atau PC. Dan perlu di ketahui router wifi juga membutuhkan modem untuk terakses ke internet.


10. Procesor
Prosesor adalah chip yang merupakan otak dari komputer.  juga dikenal sebagai CPU (Central Processing Unit).
Prosesor adalah sirkuit logika yang merespon dan memproses instruksi dasar yang menggerakkan komputer.

Prosesor di Notebook komputer  atau tertanam di perangkat kecil sering disebut mikroprosesor.

Microchip ditanamkan pada hard drive CPU memproses instruksi yang dikirimkan kepadanya oleh komputer dan program perangkat lunak. Prosesor ada dalam beberapa ukuran dan diproduksi oleh perusahaan seperti Intel dan Advanced Micro Devices(AMD). Semakin besar kapasitas prosesor gigahertz, semakin cepat komputer akan dapat instruksikan proses. Beberapa perusahaan telah mengembangkan prosesor dual/quad core, yang memungkinkan satu prosesor untuk memproses beberapa instruksi pada waktu yang sama tanpa memperlambat kinerja
.

11. Bluetooth
Sama seperti hanphone, laptop juga memiliki bluetooth. yang fungsinya sama seperti bluetooth pada hanphone. Tetapi jarang orang menggunakan bluetooth laptop untuk transfer data.

12. Audio jack
Audio jack adalah port/lubang penghubung antar audio dengan sumber audio. Atau disebut juga dengan port headphones/earphone. Bisa juga digunakan untuk speaker sound system besar.

13. Speaker(pengeras suara)
Sepertinya tidak ada yang tidak tahu apa itu speaker dan fungsinya.
 

14. VGA card
(Video Graphics Array) Sebuah antarmuka analog banyak digunakan antara komputer dan monitor yang menggunakan plug 15-pin dan soket. CRT lebih tua menggunakan VGA, dan flat panel LCD biasanya memiliki kedua VGA analog dan digital DVI. Namun, PC baru mungkin hanya memiliki output DVI atau DisplayPort.
Kartu grafis, juga dikenal sebagai kartu video, akselerator grafis atau kartu layar merupakan  komputer hardware yang mengambil data biner - yaitu, data yang dikompresi ke dalam sistem hanya dua digit, dan 0s 1s - dan mengubah data ini ke dalam gambar yang ditampilkan pada monitor komputer.
Graphics Processing Unit (GPU) cara kerjanya mirip dengan (CPU). Keduanya bertindak sebagai otak untuk menyelesaikan perhitungan yang rumit dan pengolahan instruksi, tetapi GPU dirancang khusus untuk melakukan perhitungan yang diperlukan untuk membuat grafik. Beberapa kartu grafis memiliki GPU dengan transistor lebih dari CPU. Data diolah oleh GPU ini kemudian diteruskan ke perangkat layar luar komputer.
Kartu grafis membuat gambar, membutuhkan memori yang menyimpannya. VRAM adalah video random access memory, yang menyimpan data pada piksel, warna dan lokasi . Frame buffer adalah istilah terkait untuk memuat gambar sebelum  digunakan, meningkatkan kecepatan dan kinerja. VRAM dapat membaca dan menulis ke memori pada saat yang
sama.


15. Motherboard
Dikenal dengan sebutan "system board," "main board" "base board" atau "logic board.
Motherboard,menyediakan sambungan listrik dimana komponen-komponen lain dari sistem berkomunikasi satu sama lainnya,juga menghubungkan unit pengolah pusat dan host subsistem lainnya dan perangkat.

Laptop device memiliki mikroprosesor, memori utama, dan komponen penting lainnya yang terhubung ke motherboard. Komponen lain seperti penyimpanan eksternal, pengendali untuk menampilkan video dan suara, dan perangkat periferal dapat terpasang ke motherboard sebagai plug-in kartu atau melalui kabel, Komputer modern telah mengintegrasikan beberapa peripheral ke dalam motherboard itu sendiri .

Motherboard(backplane) menyediakan sambungan/Konduktor  listrik dimana komponen-komponen lain dari sistem berkomunikasi dan  menghubungkan unit pengolah pusat dan host subsistem lainnya .
Laptop komputer memiliki mikroprosesor, memori utama, dan komponen penting lainnya yang terhubung  pada motherboard. Komponen lain seperti  eksternal storage, pengendali untuk menampilkan video dan suara. Perangkat periferal dapat terpasang ke motherboard melalui plug-in card atau langsung terintegrasi pada motherboard melalui onboard chip. Kebanyakan komputer modern sudah mengintegrasikan beberapa peripheral ke motherboard itu sendiri .
Komponen yang penting dari motherboard adalah chipset mikroprosesor pendukung, yang menyediakan antarmuka yang mendukung antara CPU dan berbagai bus dan komponen eksternal. Chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari  sebuah motherboard.
Memahami cara kerja dan struktur komponen pada motherboard adalah langkah awal untuk mampu menganalisa sebuah motherboard bekerja dengan baik atau tidak.Sehingga dengan melihat gejalanya saja kita sudah mampu berasumsi permasalahan terletak pada bagian mana.Pengetahuan ini akan memperkecil ruang analisa yang dapat mempercepat waktu dalam menemukan permasalahan yang terjadi pada motherboard.

16. Battery Pack
adalah energi saver yang bisa diisi ulang(regarge)berfungsi sebagai power cadangan atau power utama pada saat laptop digunakan jauh dari jangkauan listrik.

17. Casing
bagian-bagian casing :engsel-casing mesin-casing Lcd-docking (optional).

18. Power Adapter/Charger
Laptops menggunakan  eksternal power suplay, yang disebut "power adaptor" atau "power brick." Mengkonversi AC ke tegangan DC tunggal yang masuk ke power supply internal laptop, yang menghasilkan semua tegangan yang diperlukan . Adapter eksternal digunakan untuk mengurangi ukuran dan berat dari laptop
.

19.Touchpad
Berfungsi untuk menggerakkan kursor dilayar, melakukan drag and drop sama seperti mouse.

20.Touchpad Buttons
Fungsinya sama seperti klik kanan dan klik kiri pada mouse.

21. CD ROM
Untuk Laptop jenis netbook tidak dilengkapi dengan fasilitas ini. CD ROM digunakan untuk membaca data yang ada pada CD drive, baik VCD, DVD atau lain-lain yang berjenis CD (bukan Celana Dalam :p).

1 komentar: