Peran
SharePoint Administrator sering menjadi topik yang muncul ketika mulai
merencanakan implementasi SharePoint, sebagaimana mestinya. Berbagai peran dan
tanggung jawab harus jelas dimuka, tapi saya sering menerima umpan balik awal
dari pelanggan bahwa kami harus bisa hanya memberitahu mereka apa yang mereka
tanggung jawab yang. Masalah dengan filosofi itu adalah bahwa organisasi,
manajemen, tujuan, dan keahlian dari setiap organisasi yang tidak sama.
Peran
SharePoint Administrator akan
bervariasi tergantung pada organisasi Anda. Jika Anda mencari untuk SharePoint Administrator menjadi "serigala" yang dapat mendukung semua yang anda butuhkan untuk memulai dan bahwa orang yang sama akan bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan berjalan, daftar peran dan tanggung jawab akan berbeda dibandingkan dengan pendekatan tim. Perbedaan pasti akan terjadi berdasarkan hal-hal seperti kebutuhan Anda untuk mendukung lingkungan sekitar jam atau pandangan tentang bagaimana sangat sensitif data Anda atau jika Anda memiliki lingkungan yang sangat-diaudit. Beberapa administrator akan polisi lisensi, pegawai pengadaan, manajemen infrastruktur, administrasi pertanian, kembali, dukungan pemulihan, dan help desk. Beberapa organisasi memiliki orang-orang dan peran (paruh waktu untuk full-time) yang memiliki spesialisasi di masing-masing daerah.
bervariasi tergantung pada organisasi Anda. Jika Anda mencari untuk SharePoint Administrator menjadi "serigala" yang dapat mendukung semua yang anda butuhkan untuk memulai dan bahwa orang yang sama akan bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan berjalan, daftar peran dan tanggung jawab akan berbeda dibandingkan dengan pendekatan tim. Perbedaan pasti akan terjadi berdasarkan hal-hal seperti kebutuhan Anda untuk mendukung lingkungan sekitar jam atau pandangan tentang bagaimana sangat sensitif data Anda atau jika Anda memiliki lingkungan yang sangat-diaudit. Beberapa administrator akan polisi lisensi, pegawai pengadaan, manajemen infrastruktur, administrasi pertanian, kembali, dukungan pemulihan, dan help desk. Beberapa organisasi memiliki orang-orang dan peran (paruh waktu untuk full-time) yang memiliki spesialisasi di masing-masing daerah.
Karena
berbagai organisasi, diskusi panjang yang layak harus dilakukan untuk memahami
tanggung jawab yang Anda anggap bagian dari peran. Setelah Anda memahami apa
yang mereka tanggung jawab memerlukan, Anda dapat menentukan apakah ini hanya
tugas pekerjaan paruh-waktu atau pekerjaan penuh waktu di dan dari dirinya
sendiri.
Singkatnya,
SharePoint Administrator harus bertanggung jawab untuk berikut (meskipun tidak
standar):
- Mengelola dan memeriksa kesehatan server secara keseluruhan dan fungsi
- Pemantauan SharePoint penggunaan ruang disk melalui built-in SharePoint laporan untuk setiap koleksi situs
- Mengelola izin SharePoint
- Menganalisis dan melaporkan pada penggunaan SharePoint dan aktivitas
- Pindah / situs menyalin
- Mendukung kebutuhan jaringan load balancing dan memastikan operasi yang benar (NLB)
- Penelaahan berkala atas peristiwa dan pesan yang dilaporkan di Event Viewer dan Monitor Kinerja
- Regular review, bersih-bersih, manajemen dan konfigurasi akun SharePoint dan situs. Bagian dari peran akan bekerja sama dengan administrator Active Directory jika mereka dipisahkan.
- Secara teratur menganalisis SharePoint konten dan penyimpanan
- Tren pemantauan SharePoint (misalnya penggunaan situs dan pertumbuhan, penggunaan ruang disk dan pertumbuhan)
- Menyiapkan alert dan menegakkan kebijakan
- Teratur audit lingkungan SharePoint Anda
- Mengidentifikasi dan melaporkan pelanggaran tata
- Memeriksa sistem operasi, SQL Server dan patch SharePoint dan update kumulatif.
Dalam banyak
hal, SharePoint Administrator telah menjadi jack-of-all-trade. Mereka mengelola
layanan dan pekerjaan dijadwalkan dalam lingkungan SharePoint, mereka membuat
situs baru dan daftar, memasang bagian web baru, melakukan backup, mengelola
Shared Services, mendidik pengguna tentang cara menggunakan fitur seperti
InfoPath, mengelola kebijakan pemerintahan dan perizinan. SharePoint Administrator
efektif menjadi:
- Insinyur infrastruktur
- Database administrator
- Administrator keamanan
- Pengguna akhir ahli lisensi (Windows, Office, SQL Server, SharePoint, dll)
- Backup dan pemulihan koordinator
- Guru internal semua kemampuan SharePoint
- SharePoint ahli lingkungan interaktif
- Help desk internal
- Desainer grafis
- SharePoint pengembang
Banyak tugas
tertentu juga harus mempertimbangkan keterbatasan yang membebankan Microsoft
dan harus diikuti untuk memastikan bahwa dukungan jangka panjang masih tersedia
dari Microsoft. Misalnya, sejauh database tuning yang Anda diizinkan untuk
melakukan tanpa kehilangan dukungan akan dalam alokasi database untuk drive. Jika
Anda mengubah salah satu pengaturan database (indeks, disimpan prosedur, dll)
maka Anda akan jatuh dari dukungan. Pertimbangan yang sama juga harus dilakukan
ketika melihat database sebagai sumber informasi untuk data warehouse. Jika
Anda menulis mekanisme akses yang mengakses database untuk menarik data keluar
database, Anda tidak lagi di bawah dukungan. Secara umum, SharePoint
Administrator bertanggung jawab untuk kesehatan umum dan kesejahteraan seluruh
SharePoint lingkungan.
Dari
perspektif pengetahuan, Administrator harus memiliki tingkat di atas-dasar
pemahaman tentang:
- Sistem Windows operasi dan hardware - administrasi Dasar server termasuk service pack dan hotfixes.
- Pengetahuan umum tentang jaringan - IP, DNS, Load Balancing serta konsep Ketersediaan, Skalabilitas, dan rawatan. Orang ini juga harus mengerti firewall, enkripsi dan zona keamanan.
- Internet Information Server (IIS) dan operasi dasar dari website, Aplikasi Pools, IIS Administrasi, IIS Metabase, Pelabuhan, SSL Sertifikasi (sertifikat keamanan dan sertifikat wildcard)
- Microsoft SQL Server - Operasi dasar, tuning, pemilihan log transaksi, backup dan recovery, dan perencanaan perawatan. Sejak SharePoint benar-benar didukung oleh database Microsoft SQL Server, SharePoint Administrator diharapkan menjadi pengetahuan pada tingkat database.
- SharePoint pengetahuan tentang Administrasi Tengah, STSADM, dan lebih jadi sekarang, modul administrasi PowerShell. SharePoint Event Log tips, administrasi pencarian dan pemecahan masalah, konsep pertanian dan perencanaan dan pelaksanaan paket layanan dan kumulatif Update.
- Keterampilan debugging dan teknik untuk masing-masing daerah yang diidentifikasi di atas - masalah troubleshooting dapat terjadi di dalam atau di satu-ke-banyak dari daerah-daerah tersebut.
Dengan kata
lain, baik SharePoint Administrator adalah Departemen IT mandiri. Bayangkan
pekerjaan!
Sekarang
bahwa saya telah memohon kasus bahwa SharePoint Administrator harus menjadi
pemain kunci dan penting dalam departemen TI Anda, mari lihat layout saya
beberapa tugas rutin atau berulang bahwa orang ini akan, atau harus melakukan. Ini
dapat membantu Anda dalam perencanaan berapa banyak waktu orang ini akan
menghabiskan melakukan tugas-tugas ini.
Satu-kali /
Pertama-kali Pengebunan Aktivitas
1.
Menentukan pendekatan Patch umum untuk menerapkan patch
2. Windows OS (Windows Update)
3. SQL Server (Paket Layanan
4. Dokumen arsitektur sistem secara keseluruhan
5. Dokumen rencana bencana pemulihan untuk data center, server, atau pemulihan dokumen
6. Tentukan arsitektur pencari (Apa yang diindeks ?, seberapa sering ?, dll)
7. Menentukan desain kontinuitas (template apa yang digunakan untuk masing-masing daerah)
8. Tentukan praktik terbaik untuk penciptaan Situs, Situs Koleksi, dan database konten
9. Tentukan strategi untuk intelijen bisnis di SharePoint (pada dashboard, di mana
data yang disimpan ?, bagaimana cara disajikan ?, dll)
10. Buat Perjanjian SharePoint Service Level
11. Buat praktik terbaik dokumen untuk taksonomi
12. Buat praktik terbaik dokumen pada konfigurasi keamanan
13. Buat dokumen peran SharePoint
14. Tentukan siapa yang dapat mengakses situs (internal saja? Pelanggan?)
15. Tentukan bagaimana mitra dan pengguna akan menavigasi duduk yang
16. Tentukan proses untuk meminta situs
17. Tentukan proses untuk meminta akses ke situs
18. Buat praktik terbaik dokumen untuk menjelaskan bagaimana dan kapan untuk menerbitkan dokumen ke khalayak global (mereka harus PDF?)
19. Buat umpan balik dan / atau mekanisme saran untuk peningkatan situs
20. Tentukan konvensi penamaan
21. Mengembangkan proses FAQ (pengguna dan help desk)
22. Mengembangkan proses pelatihan.
2. Windows OS (Windows Update)
3. SQL Server (Paket Layanan
4. Dokumen arsitektur sistem secara keseluruhan
5. Dokumen rencana bencana pemulihan untuk data center, server, atau pemulihan dokumen
6. Tentukan arsitektur pencari (Apa yang diindeks ?, seberapa sering ?, dll)
7. Menentukan desain kontinuitas (template apa yang digunakan untuk masing-masing daerah)
8. Tentukan praktik terbaik untuk penciptaan Situs, Situs Koleksi, dan database konten
9. Tentukan strategi untuk intelijen bisnis di SharePoint (pada dashboard, di mana
data yang disimpan ?, bagaimana cara disajikan ?, dll)
10. Buat Perjanjian SharePoint Service Level
11. Buat praktik terbaik dokumen untuk taksonomi
12. Buat praktik terbaik dokumen pada konfigurasi keamanan
13. Buat dokumen peran SharePoint
14. Tentukan siapa yang dapat mengakses situs (internal saja? Pelanggan?)
15. Tentukan bagaimana mitra dan pengguna akan menavigasi duduk yang
16. Tentukan proses untuk meminta situs
17. Tentukan proses untuk meminta akses ke situs
18. Buat praktik terbaik dokumen untuk menjelaskan bagaimana dan kapan untuk menerbitkan dokumen ke khalayak global (mereka harus PDF?)
19. Buat umpan balik dan / atau mekanisme saran untuk peningkatan situs
20. Tentukan konvensi penamaan
21. Mengembangkan proses FAQ (pengguna dan help desk)
22. Mengembangkan proses pelatihan.
Kegiatan
Sehari-Hari
1. Ulasan
Windows Event Log untuk masalah prioritas tinggi
2. Tinjau SharePoint Log untuk masalah prioritas tinggi.
2. Tinjau SharePoint Log untuk masalah prioritas tinggi.
Kegiatan
Mingguan
1. Ulasan
laporan Cari Penggunaan
2. pencarian Mencoba pada pencarian pengguna akhir yang khas - memverifikasi mereka bekerja dengan baik
3. Pastikan Alerts berfungsi dengan baik
4. Meningkatkan pencarian melalui audit pola Cari (pelaksanaan kata kebisingan, taruhan terbaik,
kata kunci, masuk tesaurus, dll)
5. Review dan mempertahankan saat kubus BI dan bagian web (jika ada)
6. penggunaan server Audit (IO disk, ruang disk, CPU, dll) dan memperbarui dasar
7. Ulasan terakhir pertanyaan minggu dan masalah dan memperbarui FAQ
8. Pastikan prosedur off-site backup bekerja dengan benar.
2. pencarian Mencoba pada pencarian pengguna akhir yang khas - memverifikasi mereka bekerja dengan baik
3. Pastikan Alerts berfungsi dengan baik
4. Meningkatkan pencarian melalui audit pola Cari (pelaksanaan kata kebisingan, taruhan terbaik,
kata kunci, masuk tesaurus, dll)
5. Review dan mempertahankan saat kubus BI dan bagian web (jika ada)
6. penggunaan server Audit (IO disk, ruang disk, CPU, dll) dan memperbarui dasar
7. Ulasan terakhir pertanyaan minggu dan masalah dan memperbarui FAQ
8. Pastikan prosedur off-site backup bekerja dengan benar.
Kegiatan
Bulanan
1. Ulasan
arsitektur server secara keseluruhan berdasarkan pada penggunaan saat ini
2. Audit desain server individu (masing-masing server)
3. Ulasan daftar merilis patch untuk Sistem Operasi Windows, SQL Server dan SharePoint
4. Terapkan patch per pendekatan yang telah ditentukan Patch
5. patch Ulasan atau pemeliharaan untuk kontrol pihak ketiga (bagian web, iFilters, dll)
4. Ulasan diagram arsitektur server secara keseluruhan dan dokumentasi untuk update dan revisi
5. Ulasan arsitektur mencari daerah baru untuk indeks, merangkak atau mengecualikan
6. Laporan SharePoint uptime dan SLA kepatuhan
7. Ulasan hirarki keamanan
8. Ulasan fungsi atau situs baru dikerahkan. Menentukan apakah pelatihan perlu diperbarui
9. Verifikasi backup adalah valid dan berisi data.
2. Audit desain server individu (masing-masing server)
3. Ulasan daftar merilis patch untuk Sistem Operasi Windows, SQL Server dan SharePoint
4. Terapkan patch per pendekatan yang telah ditentukan Patch
5. patch Ulasan atau pemeliharaan untuk kontrol pihak ketiga (bagian web, iFilters, dll)
4. Ulasan diagram arsitektur server secara keseluruhan dan dokumentasi untuk update dan revisi
5. Ulasan arsitektur mencari daerah baru untuk indeks, merangkak atau mengecualikan
6. Laporan SharePoint uptime dan SLA kepatuhan
7. Ulasan hirarki keamanan
8. Ulasan fungsi atau situs baru dikerahkan. Menentukan apakah pelatihan perlu diperbarui
9. Verifikasi backup adalah valid dan berisi data.
Kegiatan
Triwulanan
- Ulasan
rencana pemulihan bencana perusahaan.
Kegiatan
tahunan
- Latihan
rencana pemulihan bencana perusahaan.
Sumber : http://www.skylinetechnologies.com/Blog/Article/128/What-is-a-SharePoint-Administrator.aspx
Sumber : http://www.skylinetechnologies.com/Blog/Article/128/What-is-a-SharePoint-Administrator.aspx
0 komentar:
Posting Komentar